Cute Hello Kitty Kaoani

Selasa, 07 Juni 2016

7 tips cara belajar biar nggak sampai larut malam

   



               Hayy.. Hayyy.!!? Siapa yang suka belajar sampai larut malam? Belajar itu tidak perlu sampai larut, jujur saya sendiri tidak bisa kalau disuruh belajar sampai malam, karena saya bukan tipe anak yang rajin baca dan bisa duduk diam berlama-lama sambil melototi buku pelajaran. oke buat kamu yang juga gak tahan belajar sampai larut malam, ini solusinyaaa:

1.) Setelah pulang sekolah, kamu buka lagi tuh buku-buku kamu sebentar, fahami semua yang telah diajarkan gurumu tadi di sekolah.

2.) Kalau menurut kamu ada rumus, atau mungkin kata-kata yang sulit untuk di pahami atau hafalkan, tulis di kertas,
tempelin ke tembok, meja belajar atau apalah, pokoknya di tempat yang sering kamu lihat, ya.. biar kamu mudah hafal aja.

3.) Jika kamu di sekolah tadi ada tugas, langsung kerjain hari itu juga. biar PR mu gak jadi segudang. Kan lebih cepat lebih baik.


4.) Malamnya kamu belajar tuh, pelajaran buat besok, kalau ada yang nggak bisa atau kurang jelas catat. Jadi.. besok waku di jelasin sama guru, kamu tinggal ulangi plejaran yang sudah kamu pelajari semalam, nahh kalau pertanyaan-pertanyaan kamu semalam/pelajaran yang kamu kurang jelas semalam  masih belum jelas juga.. tanyain ke gurunya. (kalau malu, bisa tanya ke teman yang lebih pandai ok?)



5) buatlah catatan. eeittss.. bukunya nggak usah besar-besar, jadi bisa dibawa kemana saja dan kapan saja. apa? malas baca? sama, aku juga hehehe. jadi apa yang sudah diajari sama guru tidak usah dicatat semua, sama aja nyalin omongan guru kalau gitu, selain capek juga malas bacanya ya kann..? yaaa kaannn? iyaa dongg! nggak usah bohong, jadi gimana dong kak?

                   
             * BUAT PETA KONSEP AJA, CUKUP PETA KONSEP NGGAK USAH DIJABARIN
                      (nanti yang njabarin yaa kamu sendiri, sambil ngomong kek, dalam hati                             kek, sambil ngemut permen kek, terserah. intinya kamu harus paham dulu,                       peta konsep itu cuma memudahkan kamu untuk mengulang pelajaran)


            * BUATLAH HIASAN-HIASAN DISETIAP BUKU AGAR KAMU TERTARIK BLJR

                     (tulisannya yang bagus, kalau gak bisa bagus yaa paling enggak rapilah, lah                        kalau nggak rapi, orang aja males lihat tulisan kamu apalagi kamu sendiri.                        kasih gambar-gambar yang menarik, naruto, boneka, mawar atau apalah. oh                      iya, antara judul dan penjelasan usahakan dibedain bulpoinnya yaa.. biar                          gak bosen dan gak bingung)


             * BUKU CATETAN INI SIFATNYA PRIBADI :v

                    (maksudnya, buku tulis ya buku tulis, ini cuma catetan pribadi agar kamu                           lebih enak belajarnya. usahakan setiap pelajaran mempunyai buku tulis                             sendiri-sendiri ya.. jangan di campur. kalau buku catetan ini gimana? boleh                       di campur, kan tujuannya buku ini cuma  memudahkan bukan menyulitkan,                       tapi kasih halaman sendiri-sendiri. misalnya  dipelajaran ipa kamu cuma ada                     5 bab, ya berarti halaman 1-5 khusus untuk ipa, begitu seterusnya.)

6) di waktu kosong baik di rumah atau waktu lagi jamkos, usahakan latihan soal. nggak usah banyak-banyak, katanya eh katanya sesuatu yang berlebihan kan juga nggak baik hahaha. buatlah taget jumlah soal yang akan kamu kerjakan per hari. misalnya nih kamu sekarang masih kelas 1, seikhlasnya ajalah, kamu punya target cuma ngerjain 5 soal pelajaran yang nanti bakal di UNkan (semua pelajaran lebih baik kalau kamu nggak malas hahaha). cuma hari ini? enggaklah! setiap hari secara rutin. nanti kalau kamu naik kejenjang yang lebih tinggi target ngerjain soalnya juga harus lebih banyak per harinya.


7) jangan lupa refreshing, bawa catatanmu kecil peta konsepmu kemana-mana. jadi kalau diajak sama ortu untuk pergi gak usah nolak lagi cuma karena ada ulangan, rugikan kalau misalnya disana mereka makan-makan dan ternyata? kamu nggak ikut. waktu perjalanan adalah waktu belajarmu dan waktu makan-makan adalah waktu refreshingmu



semoga bermanfaat. kalau anda punya cara belajar yang lain boleh ditulis di komentar, itung-itung berbagi dengan yang lainnya. thx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar